Skip to main content

10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi - Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur dan berada dibagian selatan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Ponorogo dan Tulungagung.

Walau tidak seramai kabupaten lain di Jawa Timur, Trenggalek ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup bagus dan sayang untuk dilewatkan.

10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Prigi

sumber: nimastoryl99.blogspot.com

 

Pantai Prigi terletak di Desa Karangandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata favorit warga Trenggalek untuk liburan bersama keluarga. Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup indah dan juga hamparan pasir yang putih.

2. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

sumber: gpswisataindonesia.blogspot.com

 

 Hutan angrove Pancer Cengkrong terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.Tempat ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Prigi. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong dikelola oleh penduduk sekitar. Selain berfungsi untuk mencegah abrasi air laut, tempat ini juga biasa dijadikan sebagai tempat wisata.

3. Pantai Damas

sumber: www.pergiberwisata.com

 

 Pantai Damas juga terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek dan hanya berjarak sekitar 5 km dari Pantai Prigi. Pantai ini mempunyai luas sekitar 5,5 hektare dengan panjang yang mencapai sekitar 2 km. Berbeda dengan Pantai Prigi yang mempunyai pasir putih, Pantai Damas mempunyai pasir yang lebih coklat.

4. Pantai Pasir Putih

sumber: travellers2009.wordpress.com

 

Pantai Pasir Putih terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek dan berjarak hanya sekitar 3 km dari Pantai Prigi. Pantai ini memiliki pemandangan indah karena hamparan pasir putihnya. 


5. Pantai Karanggongso

sumber: aribloggermuda.blogspot.com

 

Pantai ini berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo yang berjarak sekitar  52 km dari kota Trenggalek . Pantai karanggongso merupakan salah satu pantai favorit yang banyak dikunjungi warga Trenggalek dan sekitarnya karena selain pantainya yang indah, pantai ini mempunyai fasilitas yang cukuplengkap dan juga akses yang mudah dijangkau serta letaknya yang berdekatan dengan pantai-pantai lain seperti pantai Prigi, pantai Pasir Putih,Pantai Mbangko’an, Pantai Watu Lunyu, Pantai Cengkrong dan pantai lainnya.

6. Goa Lowo

sumber: biartau.com

 

 Goa Lowo atau  yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Goa Kelelawar ini terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo  yang berjarak sekitar 30 Km dari kota Trenggalek, Satu arah  dengan rute menuju ke pantai Prigi. Goa yang cukup indah ini memiliki rangkaian stalagtit dan stalagmit dan terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas.

7. Pantai Taman Kili-kili

sumber: wisatatrenggalek.com

 

Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Pelang yang terpisahkan oleh perbukitan batu karang yang  terjal. Pantai masuk dalam wilayah  Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, berjarak 54 km dari kota Trenggalek.

 

8. Pantai Pelang

sumber: www.initempatwisata.com

 

 Pantai Pelang  merupakan salah satu pantai yang punya air terjun di pesisir pantainya. Pantai ini terletak di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang berjarak sekitar 57 km dari pusat kota Trenggalek. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu kurang lebih selama  2-2,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

 

9. Pantai Ngampiran

sumber: wisatatrenggalek.com

 

Pantai Ngampiran masuk dalam wilayaDesa Tawing, Kecamatan Munjungan yang berjarak sekitar 4 km dari Kantor Camat Munjungan atau ±53 km arah selatan dari pusat KotaTrenggalek. Pantai Ngampiran masih sangat alami dengan hamparan pasir putih, luas pantai ini mencapai ±7 ha dan panjang 500 meter.

10. Pantai Ngulungwetan

sumber: www.hipwee.com

 

Pantai Ngulungwetan ini masuk dalam wilayah Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. yang berjarak  sekitar 66 km arah selatan pusat Kota Trenggalek.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat