Skip to main content

10 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi - Bojonegoro adalah salah satu kabupaten yang masuk dalam Provinsi Jawa Timur. Bojonegoro dikenal karena merupakan bagian dari Blok Cepu yang merupakan salah satu lokasi tambang minyak besar di Indonesia.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

 Kabupaten Bojonegoro memiliki tempat wisata yang cukup lengkap mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah dan wisata religi.

10 tempat wisata di Bojonegoro yang wajib dikunjungi




1. Wisata Kayangan Api

sumber: zakbari99.wordpress.com

 

Wisata Kayangan Api terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Ditempat ini kita bisa menemukan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam yang tersulut oleh api. Yang menarik adalah api tersebut menyala terus dan tidak pernah padam walaupun diguyur oleh air hujan.

2. Waduk Pacal

sumber: kimderumaju.com

 

 Waduk Pacal terletak di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Waduk ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada sekitar tahun 1933. Awalnya waduk ini dibangun sebagai sarana irigasi pertanian untuk penduduk yang tinggal disekitar wilayah ini.

3. Wana Tirta Dander

sumber: www.eastjava.com

 

 Wana Tirta Dander terletak di Kecamatan Dander yang berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Bojonegoro. Selain pemandangan alam yang indah, ditempat ini juga tersedia beberapa fasilitas penunjang lain seperti kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Sebuah lapangan golf juga bisa kita temukan di lokasi ini.

4. Bendungan Gerak Bojonegoro

sumber: id.wikipedia.org

 

 Bendungan Gerak merupakan sebuah bendungan yang dibangun diatas aliran Sungai Bengawan Solo dan terletak di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Bendungan ini dibangun sebagai salah satu sarana irigasi dan juga penyedia air baku untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro.

5. Masjid Al Biru Pertiwi

sumber: id.wikipedia.org

 

 Masjid Al Birru Pertiwi terletak di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Yang paling menarik adalah kubah masjid ini dibangun dengan menggunakan emas dan menggunakan arsitektur bergaya Timur Tengah.

 

6. Masjid Agung Bojonegoro

sumber: www.bojonegorokab.go.id

 

 Masjid Agung Bojonegoro berada disebelah barat di kawasan Alun-alun Kota Bojonegoro. Masjid kebanggan warga Bojonegoro ini bisa menampung sebanyak 1.100 jamaah didalam ruangan utamanya.

7. Museum Rajekwesi

sumber: museumdaerahjatim.com

 

 Museum yang terletak di Jalan Patimura No. 9 Bojonegoro ini dibangun pada tahun 1992. Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi dari benda purbakala sampai dengan benda etnografi yang masih terjaga sampai saat ini.

8. Klenteng Hok Swie Bio

sumber: www.telusurindonesia.com

 

Klenteng Hok Swie Bio merupakan salah tempat ibadah umat Tridarma yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Seperti bangunan klenteng pada umumnya, Klenteng Hok Swie Bio juga didominasi oleh warna merah dan berbagai gambar naga.

9. Makam Wali Kidangan

sumber gambar: blokbojonegoro.com

 

 Makam Wali Kidangan terletak disebuah bukit di Dusun Kidangan yang berada tidak jauh dari Jembatan Malo. Setidaknya ada 3 makam yang berada di tempat ini dan dipercaya sebagai orang yang berjasa di Kabupaten Bojonegoro.

10. Makam Buyut Dalem

sumber: www.eastjava.com

 

Makam Pangeran Raden Aryo Dalem atau yang lebih dikenal dengan Buyut Dalem terletak di Kelurahan Kadipaten yang berjarak hanya sekitar 500 meter dari pusat pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Beliau merupakan salah satu adipati yang memerintah di Bojonegoro pada tahun 1614-1619.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat