Skip to main content

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi



1. Api Abadi Mrapen

sumber: www.jalanjalanyuk.com

 

 Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api yang tidak pernah padam walaupun pada saat hujan sekalipun. Api dari tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat pengambilan api untuk pelaksanaan Hari Raya Waisak di Borobudur.

2. Bledug Kuwu

sumber: wisatadisemarang.com

 

 Bledug Kuwu adalah sebuah kawah lumpur yang berlokasi di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan dan berjarak sekitar 28 km dari Purwodadi. Letupan-letupan lumpur yang ada di Bledug Kuwu ini mengandung garam yang diolah oleh penduduk yang tinggal disekitar kawasan ini.

3. Air Terjun Widuri

sumber: denyqwerty2222.blogspot.com

 

 Air Terjun Widuri terletak di Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 19 km arah timur dari Purwodadi. Air Terjun Widuri mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Disebut dengan nama Air Terjun Widuri karena air terjun ini dipercaya dahulunya merupakan tempat mandi para bidadari.

 

4. Sendang Coyo

sumber: www.flickr.com

 

 Sendang Coyo adalah sebuah sendang yang merupakan tempat petilasan Sunan Kalijaga yang terletak di Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Air ditempat ini tidak pernah kering walaupun pada saat musim kemarau sekalipun. Dipercaya jika mandi ditempat ini bisa membuat awet muda.

 

5. Waduk Kedung Ombo

sumber: tilulas.com

 

 Waduk Kedung Ombo masuk dalam wilayah beberapa kabupaten sekaligus. Di Kabupaten Grobogan, Waduk Kedung Ombo masuk dalam wilayah Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer.  Waduk Kedung Ombo mempunyai luas sekitar 6.576 hektare yang digunakan sebagai sarana irigasi dan juga sumber pembangkit tenaga listrik, Selain itu waduk ini juga dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

6. Gua Urang

sumber: biotagua.org

 

 Gua Urang terletak di Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Selain stalagtit dan stalagmit indah yang ada didalam gua ini, kita juga bisa melihat banyak sekali kelelawar yang tinggal didalam gua ini. Sungai bawah tanah juga bisa kita temukan didalam gua ini.

7. Waduk Gambringan

sumber: www.flickr.com

 

Waduk Gambringan terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Selain dijadikan sebagai sarana irigasi untuk pertanian yang ada disekitar, waduk ini juga sering dijadikan sebagai sarana rekreasi penduduk.

8.Gua Macan

sumber: sharinghealhty.wordpress.com

 

Gua Macan terletak di  Desa Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Grobogan yang hanya terletak sekitar 5 km dari Purwodadi. Didalam gua ini kita juga bisa menyaksikan stalagtit dan stalagmit cantik yang akan membuat kita berdecak kagum.

9. Pemandian Segoro Gunung

sumber: nglinduk.wordpress.com

 

Pemandian Segoro Gunung terletak di Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan yang terletak sekitar 52 km dari Purwodadi. Pemandian Segoro Gunung Adalah sebuah pemandian yang berasal dari sumber mata air alami.

10. Air Terjun Ngayongan

sumber: rastrat.blogspot.com

 

Air Terjun Ngayongan terletak di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 30 km dari Purwodadi. Air Terjun Ngayongan mempunyai pemandanngan yang cukup indah dengan udara yang sangat segar.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Comments

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat