Skip to main content

10 Tempat Wisata di Temanggung yang Wajib Dikunjungi

Temanggung dikenal sebagai salah satu penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah ini berada di kaki 2 gunung yaitu Sindoro dan Sumbing yang menjadikan Temanggung punya udara yang cukup bersih dan sejuk.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Temanggung yang wajib dikunjungi.

1. Posong

sumber gambar: paramitadana.blogspot.com

 

 Posong adalah sebuah tempat wisata alam yang berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl yang terletak di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung. Dari tempat ini bukan hanya kecantikan Gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bisa kita lihat, tetapi juga beberapa gunung lainnya yang masih tampak dengan jelas seperti Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Merapi. Selain kekohonan 7 gunung tersebut, pada pagi hari kita juga akan disuguhi dengan pemandangan sunrise yang sangat menawan ditempat ini.


 

2. Kledung Pass

sumber gambar: localityphoto.com

 

Kledung Pass adalah suatu area yang berada di Jalur Yogyakarta-Wonosobo dan berada ditengah perkebunan teh yang berada diantara kaki Gunung Sindoro dan Sumbing. Tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat oleh orang yang sedang melakukan perjalan dari Yogyakarta menuju ke Wonosobo atau sebaliknya. Di Kledung Pass terdapat banyak hotel yang bisa dipilih dengan view yang sangat menawan.

3. Museum Meteorit

sumber gambar: www.merdeka.com

 

 Museum Meteorit terletak di Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu. Museum ini dibangun untuk memperingati jatuhnya meteor di desa ini pada Jum'a, 11 Mei 2011 pada saat penduduk sedang sibuk di ladang tembakau. Kejadian jatuhnya meteor tersebut ditandai dengan suara gemuruh dan ledakan yang cukup keras.

 

4. Umbul Jumprit

sumber gambar: www.padmasambhavastupa.org

 

 Umbul Jumprit adalah sebuah sumber air yang berada di kaki Gunung Sindoro tepatnya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo. Umbul Jumprit merupakan salah satu tempat untuk mengambil air suci yang biasanya digunakan dalam upacara perayaan Hari Raya Waisak yang dipusatkan di Candi Borobudur setiap tahunnya.

5. Curug Lawe

sumber gambar: tani-temanggung.blogspot.com

 

 Curug Lawe terletak di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang yang berada di kaki Gunung Ungaran. Disebut dengan nama Curug Lawe karena air yang mengalir di curug ini berwarna putih halus seperi lawe atau sarang laba-laba. Curug Lawe berada didekat Desa Muncar yang merupakan salah satu sentra penghasil sayuran di Temanggung.

 

6. Candi Gondosuli

sumber gambar: laurentiadewi.com

 

 Candi Gondosuli terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu. Candi ini sudah tidak berbentuk utuh lagi, tetapi tinggal reruntuhuhan batu yang dikumpulkan. Didekat candi ini terdapat sebuah prasasti yang ditulis menggunakan dengan huruf Jawa kuno namun menggunakan Bahasa Melayu. Diperkirakan candi ini umurnya hampir sama dengan Kerajaan Sriwijaya.

7. Goa Lawa

sumber gambar: tani-temanggung.blogspot.com

 

 Goa Lawa terletak di Desa Ngalian, Kecamatan Bejen. Dinamakan Gua Lawa karena gua ini merupakan sarang ribuan lawa atau kelelawar yang hidup didalam gua ini. Kelelawar tersebut akan tinggal didalam gua pada siang hari dan akan mencari makan pada malam hari. Di gua ini sering diadakan acara tradisi rutin bernama "Lampet Dawuhan" yang bertujuan agar air tetap mengalir dan bisa digunakan untuk mengairi pertanian.

 

8. Taman Rekreasi Kartini

sumber gambar: travel.detik.com

 

 Taman Rekreasi Kartini kini menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Temanggung yang baru. Tempat ini berada dipintu masuk Kabupaten Temanggung disebelah selatan atau arah Secang, Magelang. Area ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap mulai dari tempat permainan anak sampai dengan ruang pertunjukan, Taman Rekereasi Kartini adalah tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di Temanggung.

 

9. Hutan Waltis

sumber gambar: tani-temanggung.blogspot.com

 

Hutan Waltis adalah sebuah hutan yang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang. Di hutan ini kita bisa menemukan pohon yang tingginya mencapai 35 meter dan mempunyai diameter sampai dengan 7,5 meter. Letaknya yang berada di lereng Gunung Sumbing menjadikan tempat ini mempunyai udara yang sangat sejuk.


10. Monumen Bambang Sugeng

sumber gambar: hariannyahendri.blogspot.com

 

Bambang Sugeng adalah seorang Tentara Nasional Indonesia pemimpin pasukan yang gugur pada saat melakukan perang melawan Jepang di Temanggung. Untuk mengenang beliau dan beberapa orang lain yang ikut gugur dalam peristiwa tersebut maka dibangunlah monumen ini. 

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba - Lampung adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang letaknya di ujung selatan dan berbatasan langsung  dengan Selat Sunda. Lampung menjadi salah satu pintu masuk menuju ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakaheuni. Setiap harinya pelabuhan ini melayani ribuan penumpang yang hilir mudik menuju atau keluar Pulau Sumatera. Lampung memiliki cukup banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Begitu juga dengan kuliner khasnya. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Lampung tanpa mencicipi kuliner khasnya. Baca juga: 10 Kuliner Khas Palembang yang Wajib Dicoba 10 Kuliner Khas Lampung yang Wajib Dicoba 1. Seruit www.klikhotel.com Kuliner khas Lampung pertama yang wajib dicoba adalah seruit. Kuliner yang satu ini berupa ikan bakar atau goreng yang dicampur dengan sambel terasi dan juga hasil fermentasi buah durian dan mangga. Ikan yang biasa digunakan sebagai bahan seruit adalah ikan sungai

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai