Skip to main content

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Surabaya adalah ibukota Provinsi Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan karena aksi heroik arek-arek Suroboyo dalam peperangan yang terjadi pada 10 November 1945 dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi.

1. Jembatan Suramadu

sumber gambar: 2in4.wordpress.com

 

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yang dibangun diatas laut dan menghubungkan Kota Surabaya dan Pulau Madura. Panjang jembatan ini mencapai 5.438 meter. Jembatan Suramadu diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 lalu. Diatas Jembatan Suramadu dibagi menjadi 2 jalur tol untuk mobil dan motor yang terpisah.

2. House of Sampoerna

sumber gambar: ayorek.org

 

House of Sampoerna terletak tidak jauh dari Jembatan Merah Surabaya yang sangat melegenda. Museum ini dimiliki oleh pemilik pabrik rokok sampoerna Liem Seen Tie. Didalam museum ini kita tidak hanya bisa mengetahui tentang proses pembuatan rokok saja tetapi juga melihat perjuangan sang pemilik sampai sukses seperti sekarang ini.

3. Monumen Kapal Selam

sumber gambar: rafihydar.it.student.pens.ac.id

 

Monumen Kapal Selam atau biasa disebut Mokase adalah sebuah museum yang dibangun diatas Kapal Pasopati 410 yang merupakan bekas armada perang yang pernah dipakai oleh TNI Angkatan Laut Indonesia. Museum ini memiliki koleksi berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan angkatan laut.

4. Masjid Al Akbar

sumber gambar: gerbangkertosusila.com

 

Masjid Nasional Al Akbar merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid ini dirancang oleh tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa yang berasal dari ITENAS Surabaya. Masjid ini bisa menampung sampai dengan 59.000 jemaah didalam ruangan utamanya. Kubah masjid ini didominasi oleh warna biru yang mencolok yang terlihat dari kejauhan.

5 . Tugu Pahlawan

sumber gambar: www.surockboyo.com

 

Tugu yang terletak di depan Kantor Walikota Surabaya ini memang sengaja dibangun untuk memperingati pertempuran yang pernah terjadi pada 10 November 1945 antara rakyat Surabaya melawan tentara Sekutu. Tugu Pahlawan dibangun diatas tanah lapang dimana pertempuran itu terjadi. Tugu ini sekarang menjadi salah satu landmark Kota Surabaya.

6. Pantai Kenjeran

sumber gambar: www.wego.co.id

 

Pantai Kenjeran adalah salah satu pantai yang ada di Surabaya dan terletak kurang lebih 9 km dari pusat kota. Pantai ini menjadi salah satu pilihan tempat untuk berwisata bersama keluarga terutama pada akhir pekan dan hari libur. Pada sore hari kita bisa menyaksikan pemandangan matahari yang terbenam dari pantai ini. 

7. Klenteng Sanggar Agung

sumber gambar: evelineseva.wordpress.com

 

Klenteng Sanggar Agung terletak di kawasan Pantai Kenjeran, Surabaya. Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Tri Dharma, klenteng ini juga biasa dijadikan sebagai tempat berwisata. Klenteng ini mempunyai bangunan yang mirip dengan "Temple of Heaven" yang ada di China. Tidak mengherankan jika Klenteng Sanggar Agung juga biasa disebut sebagai Temple of Heaven-nya Surabaya.

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

sumber gambar: boombastis.com

 

Jalesveva Jayamahe merupakan semboyan dari TNI Angkatan Laut. Monumen ini terletak sekitar 8 km dari pusat kota dan berada didekat pelabuhan. Monumen ini sengaja dibangun agar rakyat senantiasa ingat bahwa nenek moyang orang Indonesia adalah pelaut yang mampu menjelajahi dunia dengan kapalnya.

9. Kebun Binatang Surabaya

sumber gambar: nginepmana.com

 

Kebun Binatang Surabaya pernah menjadi kebun binatang dengan koleksi binatang terlengkap di Asia Tenggara. Kebun binatang ini dibangun berdasarkan surat keputusan Gubernur Jendral Belanda pada tahun 1916. Kebun Binatang Surabaya bisa menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga.

10. Taman Bungkul

sumber gambar: www.yukpiknik.com

 

Taman Bungkul terletak di Jalan Darmo, Surabaya. Taman ini biasa digunakan oleh masyarakat Surabaya terutama anak mudanya untuk berkumpul atau sekedar menghabiskan waktu bersama. Beberapa komunitas juga biasa menggunakan taman ini sebagai tempat untuk bertemu.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi