Skip to main content

10 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi

Kota Surakarta atau biasa dikenal dengan nama Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram berdasarkan Perjanjian Giyanti. Selain Yogyakarta, Solo juga dikenal sebagi Kota Budaya.

Berikut ini adalahh 10 tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi.

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwana II pada sekitar tahun 1744 dan mulai digunakan 17 Februari 1745. Pembangunan keraton ini diarsitekturi oleh Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I dari Keraton Yogyakarta. Itulah kenapa Keraton Surakarta mempunyai banyak kemiripan dengan Keraton Yogyakarta.


2. Pura Mangkunegaran

sumber gambar: surakarta.go.id

 

Pura Mangkunegaran oleh Pangeran Samber Nyawa atau Raden Mas yang bergelar Pangeran Mangkunegoro I  pada sekitar tahun 1757. Sebagian besar bangunan ini menggunakan kayu jati bulat dan utuh yang berasal dari hutan di Wonogiri. Pura Mangkunegara terdiri dari 2 bangunan utama yaitu pendopo dan dalem yang terpisah oleh tempat tinggal anggota keluarga kerajaan. Interior didalam Pura Mangkunegara didominasi oleh gaya Eropa.

3. Museum Radya Pustaka

sumber gambar: surakarta.go.id

 

Musuem ini merupakan museum tertua yang ada di Indonesia yang dibangun oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV yang merupakan patih dalam  masa pemerintahan Pakubuwanan IX dan X yang dibangun pada 28 Oktober 1890. Museum Radya Pustaka memiliki koleksi buku-buku tentang budaya dan pengetahuan sejarah, seni dan tradisi serta kesusasteraan baik dalam Bahasa Jawa Kuno dan Belanda.

4. Museum Batik Danar Hadi

sumber gambar: sanutra.com

 

Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 2002 lalu. Museum Batik Danar Hadi mempunyai koleksi batik terbanyak di Indonesia yaitu sekitar 1.000 lembar kain dengan berbagai macam motif seperti Batik Tiga Negeri, Batik Keraton, Batik Pekalongam, Batik Madura, Batik Kontemporer sampai batik langka seperti Batik Cina, Batik Jawa Hokokai, dan Batik Belanda.

5. Taman Balekambang

sumber gambar: www.yukpiknik.com

 

Taman ini sengaja dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya GRAy Partini Husein Djayadiningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Taman ini terdapat kolam yang biasa diguankan sebagai tempat untu bermain kapal kayuh ataupun memancing. Pepohonan yang berada di taman ini membuat taman ini tetap terasa sejuk walaupun berada di tengah kota.

6. Candi Sukuh

sumber gambar: traveltamed.com

 

Candi Sukuh merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu yang terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi ini memiliki bentuk yang mirip dengan bangunan Suku Maya yang ada di Meksiko. Tapi tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa candi ini lebih mirip dengan piramid di Mesir.

7. Grojogan Sewu

sumber gambar: anekatempatwisata.com

 

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Letaknya yang berada dilereng Gunung Lawu menjadikan tempat ini mempunyai udara yang sangat sejuk dan bersih. Selain bisa menikmati keindahan alam, ditempat ini kita juga bisa mencicipi wisata kuliner khasnya yaitu sate kelinci.

8. Pandawa Water World

sumber gambar: www.indonesia-tourism.com

 

Pandawa Water World merupakan arena permainan air yang terletak di Solo Baru. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata keluarga. Pandawa Water World mempunyai banyak sekali jenis permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa. Pandawa Water World buka setiap hari.

9. Taman Sriwedari

sumber gambar: sukasukaku13.blogspot.com

 

Taman Sriwedari adalah sebuah taman yang terletak dipinggir Jalan Slamet Riyadi yang dahulunya merupakan tempat bermain untuk keluarga Keraton Surakarta. Di tempat ini kita masih bisa menjumpai gedung wayang orang yang masih rutin mengadakan pertunjukan pada hari-hari tertentu.

10. Kampung Batik Kauman

sumber gambar: soloraya.com

 

Sama seperti Jogja, Solo juga dikenal dengan desain batiknya yang cantik. Kampung Batik Kauman adalah tempat yang bisa didatangi untuk bisa menyaksikan pembuatan batik secara langsung. Kampung Batik Kauman terletak tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi