Skip to main content

10 Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

 Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayah berada di jalur pantai utara dari Jakarta menuju ke Surabaya. Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Pekalongan. Selain berada di kawasan dataran rendah, wilayah Kabupaten Pemalang juga terdiri dari dataran tinggi.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Widuri

sumber gambar: www.kabarpemalang.com

 

 Pantai Widuri merupakan tempat wisata unggulan kabupaten yang mempunyai kuliner khas yang bernama apem ini. Pantai Widuri letaknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Karena letaknya yang sangat dekat tersebut menjadikan pantai ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Terutama pada soren hari untuk menikmati angin laut sore dan pemandangan matahari terbenam.


2. Kebun Teh Semugih

sumber gambar: www.demokrat.or.id

 

 Perkebunan Teh Semugih terletak di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Sidamulya, Kecamatan Moga dan berjarak sekitar 47 km dari pusat kota. Tempat ini menyajikan suasana hijau khas pegunungan dengan udara yang masih sangat bersih dan segar. Selain kebun teh yang menghampar luas, dari kejauha juga tampak Gunung Slamet yang sangat kokoh.

3. Curug Sibedil

sumber gambar: desasima.blogspot.com

 

 Curug Sibedil terletak di Desa Sima, Kecamatan Moga. Ketinggian Curug Sibedil mencapai 20 meter. Dinamakan dengan Curug Sibedil karena didekat air terjun ini terdapat sebuah batu yang bentuknya mirip bedil(pistol). Namun cerita lain mengatakan bahwa nama Sibedil diambil karena pada malam-malam tertentu seperti pada malam Jum'at kliwon ditempat ini selalu terdengar seperti suara tembakan bedil.

4. Telaga Rengganis

sumber gambar: www.hipwee.com

 

 Telaga Rengganis terletak di Kecamatan Watukumpul yang berjarak sekitar 60 km dari pusat kota. Telaga Rengganis mempunyai luas yang mencapai 1 hektare. Selain mempunyai air yang jernih, Telaga Rengganis ini dikelilingi oleh hutan pinus yang semakin menambah indah pemandangan yang ada. Telaga ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berkemah.

5. Pantai Blendung

sumber gambar: kettyh.blogspot.com

 

 Pantai Blendung terletak di Desa Blendung, Kecamatan Ulujami dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota. Walaupun memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai tempat wisata, Pemerintah Kabupaten Pemalang belum terlalu memperhatikan hal ini. Pantai Blendung sampai saat ini hanya dikelola oleh penduduk yang tinggal disekitar pantai.

6. Pantai Jaka Tingkir

sumber gambar: paguyuban-pemalang.blogspot.com

 

 Sama seperti Pantai Blendung, Pantai Jaka Tingkir yang terletak di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan ini juga belum dikelola sepenuhnya oleh pemerintah. Pantai Jaka Tingkir masih dikelola oleh penduduk sekitar. Waktu yang paling tepat untuk datang ke pantai ini adalah pada pagi atau sore hari.

7. Gunung Gajah

sumber gambar: akhmadtaufiq2.wordpress.com

 

Gunung Gajah adalah sebuah gunung (bukit) yang terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal. Gunung yang memiliki ketinggian sekiar 1.110 mdpl ini disebut Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip dengan seekor gajah. Disekitar tempat ini kita masih bisa menyaksikan banyak sekali monyet liar yang pada pagi hari selalu berkeliaran turun untukmencari makan.


8. Gunung Mendelem

sumber gambar: maszaladventure.blogspot.com

 

 Gunung Mendelem atau yang lebih dikenal dengan nama Gunung Jimat terletak di Desa Mendelem, Kecamatan Belik. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 1.454 mdpl. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat mendaki untuk para pendaki pemula. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan sekitar yang masih sangat hijau.

 

9. Curug Bengkawah

sumber gambar: desawisatasikasur.wordpress.com

 

 Curug Bengkawah berada di Desa Sikasur, Kecamatan Randudongkal. Curug Bengkawah mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Walaupun tidak terlalu tinggi, curug ini mempunyai aliran yang cukup deras terutama pada saat musim hujan.

10. Curug Lawang

sumber gambar: www.kaskus.co.id

 

Curug Lawang terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Mendelem. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 12 meter. Curug ini berada diantara bukit-bukit batu yang menjadikan tempat ini mempunyai pemandangan yang cukup cantik.

Comments

  1. indahnya kota pemalangku ini

    http://asukoe.nextwapblog.com/berkarya-tanpa-batas-dengan-nextwapblogcom.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.

5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba - Pekalongan dikenal di Indonesia bahkan dunia karena batiknya. Pekalongan punya Museum Batik yang mempunyai koleksi batik dari seluruh dunia. Selain itu pengrajin maupun penjual batik bisa ditemukan dengan mudah di Pekalongan. Selain mencari batik, sayang rasanya kalau ke Pekalongan tidak mencicipi kuliner khasnya yang lezat. Baca juga: 6 Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicoba 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba 1. Sego Megono www.diahdidi.com Kuliner khas Pekalongan yang wajib dicoba adalah sego atau nasi megono. Megono terbuat dari nangka muda yang diparut kemudian dikukus bersama dengan parutan kelapa dan ditambah dengan berbagai bumbu. Sego megono ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan  atau makan malam. Sego megono biasanya disantap dengan berbagai lauk tambahan seperti tahu, tempe, ayam, atau telur goreng.Nasi megono ini lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan panas. 2. Tauto www.dream.co.id