Skip to main content

10 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Magelang merupakan sebuah kota kecil yang mempunyai udara yang cukup sejuk yang karena dikelilingi oleh beberapa gunung sekaligus. Magelang sudah cukup berkembang sejak jaman dulu karena menjadi salah satu basis tentara Belanda pada jaman penjajahan.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi.

1. Candi Borobudur

sumber gambar: id.wikipedia.org

 

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang berjarak sekitar 40 km arah barat laut dari Jogja. Candi Borobudur dibangun disebuah danau purba pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada sekitar tahun 824 Masehi. Sejak  abad ke-9 Candi Borobudur sudah menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha dari berbagai negara seperti Tiongkok, Tibert, Kamboja dan India.

2. Candi Mendut

sumber gambar: borobudurheritage.wordpress.com

 

Terletak tidak jauh dari Candi Borobudur di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang terdapat sebuah candi Buddha kecil yang usianya lebih tua dari Borobudur yang bernama Candi Mendut. Candi Mendut diperkirakan dibangun pada sebelum tahun 824 Masehi. Candi ini biasa dijadikan sebagai tempat awal dalam perayaan Hari Raya Waisak yang dipusatkan di Candi Borobudur.

3. Punthuk Setumbu

sumber gambar: eeshape.com

 

Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo yang berjarak sekitar 4 km dari Candi Borobudur. Dari bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut ini kita bisa menyaksikan pemandangan sunrise indah yang muncul diantara Gunung Merapi dan Merbabu pada pagi hari. Dari Punthuk Setumbu kita juga bisa melihat Candi Borobudur yang tampak kecil dan tertutup oleh kabut.

4. Pos Mati

sumber gambar: www.travellers.web.id

 

Pos Mati adalah pilihan tempat lain untuk menikmati sunrise di Magelang. Pos Mati terletak di Dusun Kali Tengah, Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur. Sama seperti di Punthuk Setumbu pada pagi hari kita juga bisa menikmati matahari terbit yang tidak kalah indah.

5. Gunung Andong

sumber gambar: insalamina.blogspot.com

 

Gunung Andong merupakan gunung yang sangat cocok didaki bagi para pemula. Candi Andong mempunyai ketinggian sekitar 1.726 meter diatas permukaan laut saja. Walaupun tidak terlalu tinggi, dari puncak Gunung Andong kita bisa melihat pemandangan indah beberapa gunung lain seperti Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Telomoyo yang tampak gagah. Terasering sawah milih penduduk yang ada di kaki gunung juga tidak kalah indah.

6. Ketep Pass

sumber gambar: pengenliburan.com

 

Ketep Pass dibangun sebagai obyek wisata khusus bagi orang yang berminat tentang kegunung apian. Ketep Pas berada di Puncak Bukit Sawangan yang mempunyai ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Ketep Pass berada ditengah tengah antara Gunung Merapi dan Merapi. Selain Museum Vulkanologi, di Ketep Pass juga terdapat bioskop mini yang memutar film tentang gunung berapi.

7. Air Terjun Kedung Kayang

sumber gambar: spadepicnic.wordpress.com

 

Air Terjun Kedung Kayang terletak tidak jauh dari Ketep Pass diperbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter ini berada pada ketinggian 950 meter diatas permukaan laut. Air terjun ini merupakan salah satu hulu Sungai Pabelan yang mengalir di Magelang.

8. Pemandian Candi Umbul

sumber gambar: kerisbudaya.blogspot.com

 

Pemandian Candi Umbul terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Andong. Area pemandian air hangat ini diperkirakan sudah ada sejak jaman Wangsa Syailendara yang juga membangun Candi Borobudur berkuasa. Tempat ini paling cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.

9. Taman Kyai Langgeng

sumber gambar: wisatajawa.com

 

Taman Kyai Langgeng terletak di Jalan Cempaka No 6 Kota Magelang. Taman Kyai Langgeng merupakan salah satu tempat favorit untuk berwisata keluarga yang sudah ada sejak dulu. Tempat ini mempunyai banyak sekali permainan anak sampai dengan kolam renang dan juga kebun bunga yang cantik.

10. Alun-alun Magelang

sumber gambar: sahrudin.wordpress.com

 

Alun-alun Magelang adalah tempat wisata murah yang bisa diakses oleh siapa saja. Selain sebagai tempat untuk berkumpul warga Magelang, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berburu kuliner. Jika Cuaca sedang cerah kita bisa menikmati pemandangan langsung ke Gunung Sindoro dan Sumbing.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Sungai Terpanjang di Indonesia

10 Sungai Terpanjang di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di Indonesia. Setidak ada lebih dari 17 ribu pulau baik yang berpenghuni maupun pulau kosong yang masuk dalam wilayah Indonesia. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara tropis yang memiliki hutan dengan wilayah yang sangat luas. Hutan-hutan tersebut menghasilkan sumber mata air yang kemudian dialirkan melalui sungai-sungai menuju ke laut lepas. Baca juga: 10 Jembatan Terpanjang di Dunia 10 Sungai Terpanjang di Indonesia 1. Sungai Kapuas sumber;  sulawesi.bisnis.com Lokasi: Kalimantan Barat Panjang: 1.143 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Selat Karimata 2. Sungai Mahakam sumber:  www.goodnewsfromindonesia.org Lokasi: Kalimantan Timur Panjang: 920 km Hilir: Selat Makassar 3. Sungai Barito sumber:  www.triptrus.com Lokasi: Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Panjang: 909 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Lau