Skip to main content

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Jakarta merupakan ibukota negara dari Indonesia dan salah satu kota terpadat di dunia. Jakarta dihuni oleh lebih dari 10 juta orang. Uniknya pada siang hari penduduk orang di Jakarta akan bertambah  karena banyak orang yang datang bekerja dari beberapa kota penyangga sekitarnya seperti Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor.
Walaupun sudah berubah menjadi kota metropolitan, Jakarta tetap mempunyai banyak sekali tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jakarta yang wajib untuk dikunjungi.

1. Monumen Nasional (Monas)

sumber gambar: www.giganticstatues.com

 

Monumen Nasional atau yang biasa dikenal orang dengan nama Monas adalah sebuah monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno pada sekitar tahun 1960 untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Tugu Monas mempunyai tinggi sekitar 132 meter ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1975. Selain bisa menikmati pemandangan sekeliling Jakarta, kita juga bisa mengunjungi museum yang ada di lantai dasar monumen ini untuk belajar tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan.



2. Taman Mini Indonesia Indah

sumber gambar: id.indonesia.travel

 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah sebuah taman yang pembangunannya digagas oleh mendiang ibu Tien Soeharto. Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur dari Indonesia. Ditempat ini kita bisa melihat rumah-rumah adat dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu di TMII juga terdapat beberapa museum yang mempunyai koleksi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

3. Taman Impian Jaya Ancol

sumber gambar: www.4shared.com

 

Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah kawasan wisata modern yang berada di kawasan Jakarta Utara. Taman Impian Ancol mempunyai beberapa pilihan tempat untuk arena mulai dari Dunia Fantasi yang mempunyai berbagai macam permainan yang mendembarkan sampai Pantai Marina yang bisa dikunjungi untuk bermain ombak.

4. Kepulaun Seribu

sumber gambar: qaisaratour.com

 

Siapa bilang di Jakarta tidak bisa berwisata ke alam? Jakarta punya Kepulauan Seribu yang terdiri dari beberapa pulau cantik yang bisa dikunjungi seperti Pulau Tidung, Pulau Onrust, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, dan beberapa pulau lainnya. Untuk menjangkau Kepulauan Seribu diperlukan waktu kurang lebih selama 3 jam menggunakan kapal dari dermaga Ancol atau Muara Angke.

5. Kota Tua Jakarta

sumber gambar: indonesia.travel

 

Kota Tua Jakarta merupakan bekas pusat pemerintahan Kota Batavia pada masa kolonial Belanda. Tempat ini dipenuhi oleh gedung-gedung tua dengan arsitektur khas Eropa yang beberapa diantaranya masih terjaga sampai sekarang diantaranya Museum Fatahillah yang merupakan bekas kantor walikota, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Stasiun Jakarta Kota, dan beberapa bangunan lainnya.

6. Kebun Binatang Ragunan

sumber gambar: commons.wikimedia.org

 

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang satu-satunya yang ada di Jakarta. Pada awalnya kebun binatang ini dibangun di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat pada sekitar tahun 1864 kemudian dipindahkan ke Ragunan, Jakarta Selatan pada tahun 60-an. Kebun Binatang Ragunan mempunyai koleksi binatang kurang lebih 295 spesies.

7. Museum Nasional

sumber gambar: keepo.me

 

Museum Nasional terletak tidak jauh dari Monumen Nasional dan berada di Jalan Medan Merdeka Barat. Museum yang sudah dimulai pembangunannya sejak tahun 1778 ini merupakan salah satu museum terbesar yang ada di Asia Tenggara. Gedung Museum Nasional dibangun dengan gaya klasisme yang muncul pada sekitar abad ke-18. Museum Nasional mempunyai berbagai koleksi benda kuno dari seluruh Nusantara.

8. Museum Taman Prasasti

sumber gambar: www.flickr.com

 

Musuem Taman Prasasti merupakan bekas lahan pemakaman bangsa Eropa yang pada tahun 1975 ditutup oleh Pemerintah DKI Jakarta. Beberapa jasad yang ada di pemakaman ini dipindahkan ke beberapa tempat pemakaman lain dan ada pula yang dipindahkan oleh keluarganya ke negara asalnya seperti Belanda. Beberapa makam dengan nisan yang cantik masih bisa kita lihat di Museum Taman Prasasti. Museum ini juga memiliki koleksi kereta jenazah antik.

9.Gereja Katedral Jakarta

sumber gambar: en.wikipedia.org

 

Gereja yang mempunyai nama asli De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga ini dibangun dengan gaya arsitektur neo gothic yang sangat kental gaya Eropanya yang sangat cantik. Gereja Katedral dibangun pada sekitar tahun 1901.

10. Masjid Istiqlal

sumber gambar: www.bpjsketenagakerjaan.go.id

 

Masjid yang pembangunannya diprakarsai oleh Presiden Soekarno ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal diarsiteki oleh oleh seorang arsitektur beragama Kristen yang bernama Frederich Silaban. Masjid Istiqlal dapat menampung sekitar 200 ribu jamah didalam ruangan utamanya.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi - Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus kota terbesar yang ada di Provinsi Riau. Kota ini didiami oleh beberapa etnis atau suku yang berbeda. Etnis Minang merupakan suku terbanyak yang mendiami Pekanbaru kemudian disusul oleh etnis Melayu, Jawa, Batak, dan Tionghoa. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung An Nur sumber:  almasjidy.blogspot.com Masjid Agung An Nur merupakan salah satu masjid termegah di Indonesa. Bangunan asli masjid ini dibangun pada tahun 1963. Masjid Agung An Nur mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2000 lalu. Masjid Agung An Nur saat ini mempunyai arsitektur yang sangat cantik dan mirip dengan Taj Mahal yang ada di India sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahalnya Riau.  2. Kebun Binatang Kasang Kulim sumber:  kelilingriau.blogspot.com Kebun Binatang Kasang Kulim merupakan sat