Skip to main content

10 Tempat Wisata di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Bekasi adalahs salah satu kota yang masuk dalam Provinsi Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan ibukota Jakarta. Nama kota yang pernah disebutkan dalam puisi Chairil Anwar yang berjudul "Karawang Bekasi" ini dikenal sebagai salah satu kota industri di Indonesia. Kota dan Kabupaten Bekasi memiliki beberapa kawasan industri dengan ribuan lebih pabrik didalamnya. Namun walopun begitu, Bekasi masih punya beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Bekasi yang wajib dikunjungi.

1. Curug Parigi

sumber gambar: wisatajawa.com

 

Curug Parigi biasa disebut orang sebagai Niagaranya Bekasi. Air terjun kecil ini terletak dibelakang kawasan Perumahan Villa Nusa Indah 5 yang berada di jalan raya Narogong - Cileungsi, Kota Bekasi. Penduduk sekitar tempat ini lebih mengenal curug ini dengan nama Curug Pangkalan 5 karena berada didekat kampung yang bernama Pangkalan 5.



2. Taman Buaya Indonesia Jaya

sumber gambar: 1hal.com

 

Taman Buaya Indonesia Jaya adalah sebuah tempat penangkaran buaya yang terletak di Desa Sukaragam, Kecamatan Serang, Kabupaten Bekasi. Taman Buaya Indonesia Jaya merupakan tempat penangkaran terbesar di Asia Tenggara yang memiliki koleksi buaya mulai dari buaya Sumatra, buaya Papua, buaya air payau, sampai dengan buaya albino.

3. Pantai Muara Beting

sumber gambar: masdonie.blogspot.com

 

Panta Muara Beting berada di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Pantai ini memiliki pasir berwarnya coklat yang kontras dengan warna air laut yang biru. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada sore hari untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

4. Waterboom Lippo Cikarang

sumber gambar: www.waterboomlippocikarang.com

 

Waterboom Lippo Cikarang merupakan sebuah taman bermain air yang berada di kawasan Lippo Cikarang, Sukaresmi, Kabupaten Bekasi. Waterboom ini memang dirancang seperti wahana bermain yang ada di Bali. Sehingga pada saat mengunjungi tempat ini kita seperti sedang berada di Bali sungguhan.

5. Gedung Juang 45

sumber gambar: m.beritabekasi.co

 

Bangunan kuno yang dibangun pada sekitar tahun 1906 ini terletak di jalan raya di dekat Pasar Tambun, Kabupaten Bekasi. Gedung Juang 45 dibangun dengan gaya neo gothic yang kental dengan nuansa Eropa. Pada jaman dahulu tempat ini sering digunakan sebagai tempat perundingan antara rakyat Indonesia dan tentara Belanda. Di kompleks ini setidaknya ada 4 bangunan kuno lainnya yang masih difungsikan sampai saat ini.

6. Danau Cibeureum

sumber gambar: budiuzie.wordpress.com

 

Danau Cibereum terletak di Desa Lambang Sari dan Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi. Danau ini merupakan salah satu tempat favorit yang banyak didatangi oleh komunitas sepeda di Bekasi. Tempat yang teduh dan udaranya yang segar adalah salah satu daya tarik danau ini. Selain itu disekitar danau ini juga terdapat banyak warung makan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata kuliner.

7. Stadion Kota Bekasi

sumber gambar: www.bekasiurbancity.com

 

Selain dijadikan sebagai tempat untuk melakukan olahraga oleh warga Bekasi, kawasan Stadion Bekasi juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata. Didekat Stadion Bekasi terdapat hutan kota dan taman yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul terutama oleh anak muda. Pada hari Minggu pagi kita juga bisa menjumpai pasar dadakan yang menjual berbagai barang.

8. Saung Ranggon

sumber gambar; jakarta.panduanwisata.id

 

Saung Ranggong adalah sebuah rumah panggung kuno yang terletak di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi yang dibanung oleh Pangeran Rangga yang merupakan anak dari Pangeran Jayakarta pada sekitar abad ke-16.  Pangeran Rangga membangun saung ini pada saat bersembunyi dari kejaran tentara Belanda.

9. Danau Deltamas

sumber gambar: ciar-ciar.blogspot.com

 

Danau Deltamas adalah sebuah danau buatan yang terletak di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat yang merupakan ibukota Kabupaten Bekasi. Selain danau buatan, disekitar kawasan ini juga terdapat rumah makan yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata kuliner. Danau ini bisa kita lihat jika kita melewati jalan tol dari Jakarta menuju ke Bandung atau sebaliknya.

10. Klenteng Hok Lay Kiong

sumber gambar: www.klikhotel.com

 

Klenteng ini merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Kota Bekasi dan diperkirakan sudah dibangun sejak 300 tahun yang lalu. Klenteng Hok Lay Kiong terletak di Jalan Kenari, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Seperti klenteng pada umumnya, Klenteng Hok Lay Kiong juga didominasi oleh warna merah terang.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co

10 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan ibukota dan kota terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang terbagi menjadi 2 wilayah. Yaitu yang biasa disebut dengan Semarang Bawah yang berada didaerah dekat pantai dan Semarang Atas yang berada didataran tinggi. Pada malam hari kita bisa melihat kerlap kerlip lampu di daerah Semarang Bawah dari perbukitan. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. 1. Lawang Sewu sumber gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id Gedung Sewu adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun oleh Belanda sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1904. Disebut dengan Lawang Sewu karena gedung ini memiliki banyak sekali lawang (pintu) yang sebenarnya adalah jendela dengan ukuran besar dan tinggi yang terlihat dari jalan raya. Saat ini Lawang Sewu difungsikan sebagai Museum Kereta Api.