Skip to main content

10 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bandung merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta menjadikan Bandung menjadi salah satu tempat favorit untuk liburan bagi warga ibukota tersebut terutama pada akhir pekan. Bandung mendapat julukan "Parijs van Java" karena dianggap memiliki keindahan alam yang sama dengan Kota Paris, Perancis pada jaman dahulu.

Berikut ini adalah 10 tenpat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi.

1. Kawah Putih Ciwidey

sumber gambar: www.initempatwisata.com

 

 Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah kawasan dengan kawah vulkanik yang masih aktif yang terletak sekitar 50 km diselatan Kota Bandung. Warna putih kehijauan yang ada ditempat ini disebabkan oleh kandungan belerang yang cukup tinggi. Air yang berada di dalam kawah ini airnya bisa berubah-ubah tergantung cuaca. Karena keindahannya tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk pembuatan video klip maupun pemotretan. Sangat disarankan untuk memakai masker jika mengunjungi tempat ini karena aroma belerang yang cukup menyengat.


2. Gunung Tangkuban Perahu

sumber gambar: www.yoshiwafa.com

 

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung vulkanik aktif yang terletak di Lembang atau berjarak sekitar 20 km arah utara dari Kota Bandung. Bentuk gunung ini memang menyerupai bentuk perahu yang terbalik. Menurut legenda Sunda, Gunung Tangkuban Perahu merupakan perahu yang ditendang oleh Sangkuriang saat dia marah karena ternyata orang yang dicintai selama ini adalah ibu kandungnya.

3. Trans Studio Bandung

sumber gambar: sekilasharga.com

 Trans Studio Bandung merupakan wahana permainan indoor terbesar yang ada di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara. Tempat ini menyatu dengan Trans Studio Mall Bandung dan beberapa hotel berbintang lainnya. Trans Studio Bandung adalah salah satu tempat berwisata keluarga yang wajib dikunjungi saat berada di Bandung. Tempat ini memiliki lebih dari 30 jenis permainan yang bisa dipilih.

4. Kebun Binatang Bandung

sumber gambar: tempatwisatadibandung.info

 

Kebun binatang ini berlokasi di dekat kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Tempat ini bisa dikunjungi bersama anak-anak untuk memperkenalkan pengetahuan sejak dini tentang kehidupan binatang yang biasanya hanya bisa dilihat dialam bebas.

5. Pasar Baru

sumber gambar: oldlook.indonesia.travel

 

Untuk yang punya hobi berbelanja, Pasar Baru Bandung adalah tempat yang paling tepat untuk dikunjungi. Di pasar ini kita bisa mendapatkan beberapa barang seperti pakaian dengan harga yang cukup murah. Pasar ini tidak hanya menjadi tempat belanja favorit wisatawan dalam negeri saja, orang Malaysia dan Singapura pun banyak yang berbelanja ditempat ini.

 

6. Observatorium Bosscha

 
sumber gambar: en.wikipedia.org

Observatorium yang terletak di Lembang dan pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film "Petualangan Sherina" ini merupakan observatorium terbesar di Asia Tenggara. Untuk bisa mengunjungi tempat ini, kita harus mendaftar dahulu kepada pengurusnya. Dengan berkunjung ke tempat ini kita bisa menambah ilmu pengetahuan.

7. Situ Patenggang

sumber gambar: anekatempatwisata.com

 

 Situ Patenggang terletak sekitar 7 km dari Kawah Putih Ciwidey. Tempat ini banyak dikunjungi orang karena memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan cantik. Selain itu udara di tempat ini juga masih sangat segar. Situ Paetnggang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota. Kita bisa menyewa perahu untuk menikmati seluruh keindahan yang ada di tempat ini.

8. Kampung Gajah

sumber gambar: sekilasharga.com

 

 Kampung Gajah merupakan salah satu tempat wisata baru yang bisa dikunjungi di wilayah Bandung Utara. Tempat ini merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri dari wisata belanja, wisata kuliner, sampai dengan berbagai jenis permainan yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kampung Gajah juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.

 

9. Saung Angklung Udjo

sumber gambar: anekatempatwisata.com

 

 Saung Angklung Udjo adalah tempat wisata edukasi dan budaya yang bisa dikunjungi selama di Bandung. Selain bisa menyaksikan pertunjukan permainan angklung yang digelar setiap harinya, ditempat ini kita juga bisa melihat pembuatan angklung secara langsung. Angklung merupakan alat musik tradisional asli Jawa Barat yang sekarang ini sudah mulai dilupakan keberadaannya. Dengan berkunjung ke tempat ini kita juga bisa belajar untuk menghargai budaya sendiri.

10. Museum Geologi Bandung

sumber gambar: rinaldimunir.wordpress.com

 

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro tidak terlalu jauh dari Gedung Sate. Di museum ini tersimpan banyak sekali benda-benda yang bisa dilihat untuk menambah ilmu pengetahuan terutama untuk anak-anak. Salah satu koleksi Museum Geologi yang paling menarik adalah fosil hewan purba dinosaurus.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur utama dari Solo menuju ke Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai dengan wisata alam. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi. 1. Umbul Ponggok sumber gambar: jejak.eksyam.com    Umbul Ponggok adalah sebuah kolam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Yang paling unik dari kolam ini adalah walaupun merupakan kolam air tawar, kita bisa merasakan sensasi seperti sedang menyelam didasar laut lengkap dengan ikan-ikan dan batu yang sengaja diletakan untuk menciptakan suasana seperti didasar laut.

10 Sungai Terpanjang di Indonesia

10 Sungai Terpanjang di Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di Indonesia. Setidak ada lebih dari 17 ribu pulau baik yang berpenghuni maupun pulau kosong yang masuk dalam wilayah Indonesia. Selain itu Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara tropis yang memiliki hutan dengan wilayah yang sangat luas. Hutan-hutan tersebut menghasilkan sumber mata air yang kemudian dialirkan melalui sungai-sungai menuju ke laut lepas. Baca juga: 10 Jembatan Terpanjang di Dunia 10 Sungai Terpanjang di Indonesia 1. Sungai Kapuas sumber;  sulawesi.bisnis.com Lokasi: Kalimantan Barat Panjang: 1.143 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Selat Karimata 2. Sungai Mahakam sumber:  www.goodnewsfromindonesia.org Lokasi: Kalimantan Timur Panjang: 920 km Hilir: Selat Makassar 3. Sungai Barito sumber:  www.triptrus.com Lokasi: Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan Panjang: 909 km Hulu: Pegunungan Muller Hilir: Lau

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li